Rabu, 07 April 2010

Menghargai Persamaan Kedudukan Warga Negara Dalam Berbagai Aspek Kehidupan

Standar Kompetensi
Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan

Kompetensi Dasar
  • Mendeskripsikan kedudukan warga negara dan pewarganegaraan di Indonesia
  • Menganalisis persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara.
  • Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku

Indikator
  • Mendeskripsikan kedudukan warga negara yang diatur dalam UUD 1945
  • Menguraikan persyaratan untuk menjadi warga negara Indonesia dan hal yang menyebabkan hilangnya status kewarganegaraan
  • Menjelaskan asas kewarganegaraan yang berlaku secara umum
  • Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
  • Mendeskripsikan landasan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
  • Memberikan contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
  • Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
  • Mengidentifikasi ciri ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku secara garis besar
  • Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku

I. Tujuan Pembelajaran
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
  • Mendeskripsikan kedudukan warga negara yang diatur dalam UUD 1945
  • Menguraikan persyaratan untuk menjadi warga negara Indonesia dan hal yang menyebabkan hilangnya status kewarganegaraan
  • Menjelaskan asas kewarganegaraan yang berlaku secara umum
  • Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
  • Mendeskripsikan landasan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
  • Memberikan contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
  • Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
  • Mengidentifikasi ciri ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku secara garis besar
  • Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku

II. Materi Ajar (Materi Pokok)
Warga negara dan pewarganegaraan
o Dasar hukum yang mengatur Warga negara
o Asas dan stesel dalam kewarganegaraan
o Syarat menjadi warga negara
o Hal yang menyebabkan kehilangan kewarganegaraan

Persamaan kedudukan warga negara
o Landasan yang menjamin persamaan kedudukan warga negara
o Berbagai aspek persamaan kedudukan setiap warga negara
o contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara

Persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan
o Ras
o Agama
o Gender
o Golongan,
o Budaya, suku

III. Metode Pembelajaran : Kooperatif Teknik JIGSAW (Model Tim Ahli)

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
• Tanya jawab tentang pelajaran minggu yang lalu (review)
• Menyampaikan pokok materi pembahasan hari ini
• Menginformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran.

b. Kegiatan Inti
1. Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif.

2. Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :
  • Warga negara dan pewarganegaraan
  • Dasar hukum yang mengatur Warga negara
  • Asas dan stesel dalam kewarganegaraan
  • Syarat menjadi warga negara
  • Hal yang menyebabkan kehilangan kewarganegaraan
  • Persamaan kedudukan warga negara
  • Landasan yang menjamin persamaan kedudukan warga negara
  • Berbagai aspek persamaan kedudukan setiap warga negara
  • Contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara
  • Persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan
 Ras
 Agama
 Gender
 Golongan,
 Budaya, suku

Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.

3. Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.

4. Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.

5. Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.

6. Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.

7. Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.

8. Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep.

C. Kegiatan Penutup
  • Guru memberikan pelurusan agar tidak terjadi kesalahan konsep
  • Guru bersama siswa mengambil kesimpulan akhir sebagai penguatan
  • Guru melakukan postes secara lisan tentang materi yang dipelajari
  • Guru bersama siswa melakukan refleksi
  • Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyerahkan laporan secara tertulis dari hasil diskusi kelas pada pertemuan berikutnya
  • Guru menutup pelajaran dengan salam

V. Alat Dan Sumber Belajar
a. Alat :
- Kertas berisi undian
- OHP

b. Sumber :
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X untuk SMA
- Buku Tata Negara untuk SMU Kelas 3
- Dasar-dasar Ilmu Politik
- Buku-buku lain yang relevan
- Artikel/ berita dari media massa

VI. Penilaian
  • Test tertulis berbentuk essay
  • Penilaian terhadap proses dan hasil presentasi siswa baik dalam dalam kelompok masing-masing ataupun dalam diskusi kelas serta tanggung jawab individu terhadap kelompoknya.
  • Penilaian terhadap unjuk kerja berupa laporan tertulis.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar