Selasa, 06 April 2010

Memahami Hakikat Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Standar Kompetensi :
1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Kompetensi Dasar :
1.1 Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya Negara.
1.2 Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
1.3 Menjelaskan Pengertian , Fungsi dan Tujuan NKRI.
1.4 Menunjukan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Indikator :
• Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.
• Menguraikan pengertian bangsa dan unsur terbentuk-nya bangsa.
• Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuk-nya Negara.
• Menganalisis pengertian Negara.
• Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara.
• Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara.
• Membandingkan bentuk-bentuk kenegaraan.
• Menguraikan pengertian dan fungsi negara.
• Membandingkan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan Negara.
• Mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
• Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan.
• Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan.
• Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan.
• Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia.

I. Tujuan Pembelajaran :
1 Siswa dapat Mengkaji berbagai literatur tentang kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.
2 Siswa dapat mendiskusikan hasil kajian literatur Pengertian dan unsur terbentuk-nya bangsa, Pengertian Negara dan Unsur-unsur terbentuknya negara
3 Siswa dapat mengkaji informasi dari berbagai sumber tentang pengertian, asal mula terjadinya Negara
4 Siswa dapat mendiskusikan hasil kajian literatur pentingnya pengakuan suatu negara dari negara lain dan bentuk-bentuk kenegaraan
5 Siswa dapat mengkaji dari berbagai buku sumber tentang pengertian, fungsi negara secara universal
6 Siswa dapat mendiskusikan hasil kajian literatur teori tentang fungsi dan tujuan negara serta tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia
7 Siswa dapat mengkaji dari literatur tentang semangat kebangsaan dan patriotisme dan nasionalisme Indonesia, macam-macam perwujudan nasionalisme
8 Siswa dapat mendiskusikan hasil kajian literatur tentang pengertian nasionalisme serta menunjukkan bersikap positif terhadap nasionalisme dan patriotisme Indonesia

II. Materi Ajar (Materi Pokok) :
Bangsa dan negara :
o manusia sebagai mahkluk individu dan mahkluk sosial
o Pengertian dan unsur terbentuknya bangsa
o Pengertian Negara dan Unsur-unsur terbentuknya negara
- Rakyat
- Wilayah
- Pemerintah yang berdaulat
- Pengakuan dari negara lain
Negara dan bentuk-bentuk kenegaraan :
o Hakikat negara
o Asal mula terjadinya negara
o pentingnya pengakuan suatu negara dari negara lain
o Bentuk- bentuk kenegaraan
o Pengertian fungsi dan tujuan negara secara universal
o Pengertian dan tujuan NKRI
o Perbandingan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan negara
o Tujuan NKRI yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
o Semangat kebangsaan (nasionalisme dan patriotisme)
- Makna nasionalisme
- Makna patriotisme
o Macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
o Tata cara penerapan nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan

III. Metode Pembelajaran :
Kooperatif Teknik JIGSAW (Model Tim Ahli)

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
• Tanya jawab tentang pelajaran minggu yang lalu (review)
• Menyampaikan pokok materi pembahasan hari ini
• Menginformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran.

B. Kegiatan Inti
1. Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif.

2. Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :
• Mendeskripsikan pengertian bangsa
• Menguraikan unsur-unsur terbentuknya bangsa
• Menjelaskan asal mula terjadinya negara
• Menguraikan unsur-unsur terbentuknya negara.
• Hakikat negara
• Asal mula terjadinya negara
• pentingnya pengakuan suatu negara dari negara lain
• Bentuk- bentuk kenegaraan
• Pengertian fungsi dan tujuan negara secara universal
• Pengertian dan tujuan NKRI
• Perbandingan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan negara
• Tujuan NKRI yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
• Semangat kebangsaan (nasionalisme dan patriotisme)
o Makna nasionalisme
o Makna patriotisme
• Macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
• Tata cara penerapan nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan

Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.

3. Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.

4. Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.

Kelompok Ahli 1: Mendeskripsikan pengertian bangsa dan Hakikat Negara Serta Asal mula terjadinya Negara.

Kelompok Ahli II : Menguraikan unsur-unsur terbentuknya bangsa dan pentingnya pengakuan suatu negara dari negara lain bentuk- bentuk kenegaraan, pengertian fungsi dan tujuan negara secara universal serta pengertian dan tujuan NKRI

Kelompok Ahli III : Menjelaskan asal mula terjadinya negara, Perbandingan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan negara,
Tujuan NKRI yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
Semangat kebangsaan (nasionalisme dan patriotisme)
o Makna nasionalisme
o Makna patriotisme
Macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan.

Kelompok Ahli IV : Menguraikan unsur-unsur terbentuknya negara dan Tata cara penerapan nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan

Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi .
5. Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
6. Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
7. Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep.

C. Kegiatan Penutup
• Guru memberikan pelurusan agar tidak terjadi kesalahan konsep
• Guru bersama siswa mengambil kesimpulan akhir sebagai penguatan
• Guru melakukan postes secara lisan tentang materi yang dipelajari
• Guru bersama siswa melakukan refleksi
• Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyerahkan laporan secara tertulis dari hasil diskusi kelas pada pertemuan berikutnya
• Guru menutup pelajaran dengan salam

V. Alat Dan Sumber Belajar
A. Alat :
- Kertas berisi undian
- OHP
B. Sumber :
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X untuk SMA
- Buku Tata Negara untuk SMU Kelas 3
- Dasar-dasar Ilmu Politik
- Buku-buku lain yang relevan
- Artikel/ berita dari media massa

VII. Penilaian
• Test tertulis berbentuk essay
• Penilaian terhadap proses dan hasil presentasi siswa baik dalam dalam kelompok masing-masing ataupun dalam diskusi kelas serta tanggung jawab individu terhadap kelompoknya.
• Penilaian terhadap unjuk kerja berupa laporan tertulis.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar