Kamis, 08 April 2010

Menampilkan Sikap Keterbukaan dan Keadilan Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Standar Kompetensi
Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Kompetensi Dasar
  1. Mendeskripsikan pengertian dan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  2. Menganalisis dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan.
  3. Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Indikator
  • Mendeskripsikan pengertian keterbukaan dan keadilan
  • Mengidentifikasikan macam-macam keadilan
  • Mendeskripsikan pentingnya keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  • Mengidentifikasikan ciri-ciri keterbukaan
  • Memberikan contoh penyelenggaran pemerintahan yang transparan
  • Mendeskripsikan penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
  • Mengidentifikasikan faktor penyebab terjadinya penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
  • Menyimpulkan dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
  • Mengidentifikasi sikap keterbukaan dan keadilan
  • Menganalisis makna keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • Memberikan contoh sikap keterbukaan dan keadilan di lingkungan sekolah, dan masyarakat.
  • Memberikan penilaian tentang sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Tujuan Pembelajaran
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
  • Mendeskripsikan pengertian keterbukaan dan keadilan
  • Mengidentifikasikan macam-macam keadilan
  • Mendeskripsikan pentingnya keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  • Mengidentifikasikan ciri-ciri keterbukaan
  • Memberikan contoh penyelenggaran pemerintahan yang transparan
  • Mendeskripsikan penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
  • Mengidentifikasikan faktor penyebab terjadinya penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
  • Menyimpulkan dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
  • Mengidentifikasi sikap keterbukaan dan keadilan
  • Menganalisis makna keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • Memberikan contoh sikap keterbukaan dan keadilan di lingkungan sekolah, dan masyarakat.
  • Memberikan penilaian tentang sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Materi Ajar (Materi Pokok)
Keterbukaan dan keadilan
a. Pengertian keterbukaan dan keadilan
b. Macam-macam keadilan
c. Makna keterbu-kaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
d. Ciri-ciri keter-Bukaan

Penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
a. Penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
b. Dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan

Sikap keterbukaan dan keadilan
a. Bentuk sikap yang mencerminkan keterbukaan dan keadilan
b. sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

Metode Pembelajaran : Kooperatif Teknik JIGSAW (Model Tim Ahli)

Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
• Tanya jawab tentang pelajaran minggu yang lalu (review)
• Menyampaikan pokok materi pembahasan hari ini
• Menginformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran.

Kegiatan Inti
1. Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif.

2. Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :
Keterbukaan dan keadilan
a. Pengertian keterbukaan dan keadilan
b. Macam-macam keadilan
c. Makna keterbu-kaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
d. Ciri-ciri keter-Bukaan

Penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
a. Penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
b. Dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan

Sikap keterbukaan dan keadilan
a. Bentuk sikap yang mencerminkan keterbukaan dan keadilan
b. sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.

3. Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.

4. Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.

5. Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.

6. Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.

7. Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.

8. Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep.

Kegiatan Penutup
• Guru memberikan pelurusan agar tidak terjadi kesalahan konsep
• Guru bersama siswa mengambil kesimpulan akhir sebagai penguatan
• Guru melakukan postes secara lisan tentang materi yang dipelajari
• Guru bersama siswa melakukan refleksi
• Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyerahkan laporan secara tertulis dari hasil diskusi kelas pada pertemuan berikutnya
• Guru menutup pelajaran dengan salam

Alat Dan Sumber Belajar
a. Alat :
- Kertas berisi undian
- OHP
b. Sumber :
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI
- Buku Tata Negara untuk SMU
- Dasar-dasar Ilmu Politik
- Buku-buku lain yang relevan
- Artikel/ berita dari media massa

Penilaian
  • Test tertulis berbentuk essay
  • Penilaian terhadap proses dan hasil presentasi siswa baik dalam dalam kelompok masing-masing ataupun dalam diskusi kelas serta tanggung jawab individu terhadap kelompoknya.
  • Penilaian terhadap unjuk kerja berupa laporan tertulis.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar