Rabu, 07 April 2010

Menganalisis Sistem Politik Di Indonesia

Standar Kompetensi

Menganalisis sistem politik di Indonesia


Kompetensi Dasar

  • Mendeskripsikan supra struktur dan infra struktur politik di Indonesia.
  • Mendeskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai negara.
  • Menampilkan peran serta dalam sistem politik di Indonesia


Indikator

· Mendiskripsikan pengertian sistim politik Indonesia

· Mendeskripsikan supra struktur politik Indonesia

· mendeskripsikan infrastruktur politik

· Menguraikan dinamika politik Indonesia

· Menunjukkan kelebihan dan kelemahan sistim politik yang dianut Indonesia

· Mendeskripsikan perbedaan sistim politik Indonesia dengan negara liberal dan komunis

· Mengidentifikasikan ciri – ciri masyarakat politik

· Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan

· Mensimulasikan salah satu kegiatan politik yang diselenggarakan oleh pemerintah ( Pemilu )

· Berperan serta secara aktif dalam sistim politik di Indonesia


I. Tujuan Pembelajaran

Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :

1. Mendiskripsikan pengertian sistim politik Indonesia

2. Mendeskripsikan supra struktur politik Indonesia

3. mendeskripsikan infrastruktur politik

4. Menguraikan dinamika politik Indonesia

5. Menunjukkan kelebihan dan kelemahan sistim politik yang dianut Indonesia

6. Mendeskripsikan perbedaan sistim politik Indonesia dengan negara liberal dan komunis

7. Mengidentifikasikan ciri – ciri masyarakat politik

8. Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan

9. Mensimulasikan salah satu kegiatan politik yang diselenggarakan oleh pemerintah ( Pemilu )

10. Berperan serta secara aktif dalam sistim politik di Indonesia


II. Materi Ajar (Materi Pokok)

Supra struktur dan infra struktur politik

§ pengertian sistem politik Indonesia

§ cara berpolitik melalui Suprastruktur politik atau lembaga formal negara

§ Infrastruktur kelompok kekuatan politik dalam masyarakat

· partai politik

· kelompok kepentingan

· kelompok penekan

· media komunikasi politik

Sistem politik Indonesia dan sistem politik di berbagai negara

§ Dinamika politik Indonesia

§ Sistem politik di negara Liberal dan negara komunis

Peran serta dalam sistem politik di Indonesia

§ Ciri masyarakat politik

      • Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan
      • Contoh peranserta dalam system politik


III. Metode Pembelajaran : Kooperatif Teknik JIGSAW (Model Tim Ahli)


IV. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal

· Tanya jawab tentang pelajaran minggu yang lalu (review)

· Menyampaikan pokok materi pembahasan hari ini

· Menginformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran.

b. Kegiatan Inti

1. Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif.

2. Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :

Supra struktur dan infra struktur politik

§ pengertian sistem politik Indonesia

§ cara berpolitik melalui Suprastruktur politik atau lembaga formal negara

§ Infrastruktur kelompok kekuatan politik dalam masyarakat

· partai politik

· kelompok kepentingan

· kelompok penekan

· media komunikasi politik

Sistem politik Indonesia dan sistem politik di berbagai negara

§ Dinamika politik Indonesia

§ Sistem politik di negara Liberal dan negara komunis

Peran serta dalam sistem politik di Indonesia

§ Ciri masyarakat politik

      • Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan
      • Contoh peranserta dalam system politik

Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.

3. Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.

4. Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.

5. Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.

6. Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.

7. Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.

8. Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep.

C. Kegiatan Penutup

· Guru memberikan pelurusan agar tidak terjadi kesalahan konsep

· Guru bersama siswa mengambil kesimpulan akhir sebagai penguatan

· Guru melakukan postes secara lisan tentang materi yang dipelajari

· Guru bersama siswa melakukan refleksi

· Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyerahkan laporan secara tertulis dari hasil diskusi kelas pada pertemuan berikutnya

· Guru menutup pelajaran dengan salam


V. Alat Dan Sumber Belajar
a. Alat :

- Kertas berisi undian

- OHP

b. Sumber :

- Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X untuk SMA

- Buku Tata Negara untuk SMU Kelas 3

- Dasar-dasar Ilmu Politik

- Buku-buku lain yang relevan

- Artikel/ berita dari media massa


VI. Penilaian

· Test tertulis berbentuk essay

· Penilaian terhadap proses dan hasil presentasi siswa baik dalam dalam kelompok masing-masing ataupun dalam diskusi kelas serta tanggung jawab individu terhadap kelompoknya.

Penilaian terhadap unjuk kerja berupa laporan tertulis.



1 komentar: