Rabu, 07 April 2010

Menampilkan Peran Serta Dalam Upaya Pemajuan, Penghormatan dan Perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM)

Indikator
  • Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan pemerintah
  • Menentukan instrumen HAM nasional
  • Mendeskripsikan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat
  • Menguraikan proses dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
  • Mengilustrasikan berbagai kasus pelanggaran HAMMenyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia
  • Mendeskripsikan instrumen HAM internasional
  • Menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional
  • Mendeskripsikan peradilan HAM internasional

I. Tujuan Pembelajaran
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
  1. Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan pemerintah
  2. Menentukan instrumen HAM nasional
  3. Mendeskripsikan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat
  4. Menguraikan proses dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
  5. Mengilustrasikan berbagai kasus pelanggaran HAM
  6. Menyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia
  7. Mendeskripsikan instrumen HAM internasional
  8. Menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional
  9. Mendeskripsikan peradilan HAM internasional

II. Materi Ajar (Materi Pokok)

Pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
  • Pengertian dan macam- macam HAM
  • Upaya pemerintah dalam menegakan HAM
  • Instrumen atau dasar hukum yang mengatur HAM
  • Peran masyarakat dalam menegakan HAM
  • Peran serta dalam penegakan HAM di Indonesia
  • Proses pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
  • Pelanggaran HAM dan penangganan kasus pelanggaran HAM
  • Contoh perilaku yang sesuai dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia
Instrumen hukum dan peradilan internasional HAM
  • Instrumen HAM Internasional
  • Kasus –kasus pelanggaran HAM internasional
  • Proses dan sanksi pelanggaran HAM pada Peradilan Internasional

III. Metode Pembelajaran : Kooperatif Teknik JIGSAW (Model Tim Ahli)

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
  • Tanya jawab tentang pelajaran minggu yang lalu (review)
  • Menyampaikan pokok materi pembahasan hari ini
  • Menginformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran.
b. Kegiatan Inti
1. Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif.

2. Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :
Pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
  • Pengertian dan macam- macam HAM
  • Upaya pemerintah dalam menegakan HAM
  • Instrumen atau dasar hukum yang mengatur HAM
  • Peran masyarakat dalam menegakan HAM
  • Peran serta dalam penegakan HAM di Indonesia
  • Proses pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
  • Pelanggaran HAM dan penangganan kasus pelanggaran HAM
  • Contoh perilaku yang sesuai dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia
Instrumen hukum dan peradilan internasional HAM
  • Instrumen HAM Internasional
  • Kasus –kasus pelanggaran HAM internasional
  • Proses dan sanksi pelanggaran HAM pada Peradilan Internasional
Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.

3. Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.

4. Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.

5. Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.

6. Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.

7. Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.

8. Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep.

C. Kegiatan Penutup
  • Guru memberikan pelurusan agar tidak terjadi kesalahan konsep
  • Guru bersama siswa mengambil kesimpulan akhir sebagai penguatan
  • Guru melakukan postes secara lisan tentang materi yang dipelajari
  • Guru bersama siswa melakukan refleksi
  • Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyerahkan laporan secara tertulis dari hasil diskusi kelas pada pertemuan berikutnya
  • Guru menutup pelajaran dengan salam.
V. Alat Dan Sumber Belajar
a. Alat :
- Kertas berisi undian
- OHP
b. Sumber :
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X untuk SMA
- Buku Tata Negara untuk SMU Kelas 3
- Dasar-dasar Ilmu Politik
- Buku-buku lain yang relevan
- Artikel/ berita dari media massa

VI. Penilaian
  • Test tertulis berbentuk essay
  • Penilaian terhadap proses dan hasil presentasi siswa baik dalam dalam kelompok masing-masing ataupun dalam diskusi kelas serta tanggung jawab individu terhadap kelompoknya
  • Penilaian terhadap unjuk kerja berupa laporan tertulis.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar