Kamis, 08 April 2010

Menganalisis Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani

Standar Kompetensi

Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani


Kompetensi Dasar

  1. Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi.
  2. Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani.
  3. Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformasi
  4. Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari

Indikator

  • Menjelaskan perbedaan antara demokrasi liberal, komunis dan demokrasi Pancasila
  • Mendeskripsikan prinsip- prinsip demokrasi
  • Menjelaskan makna budaya demokrasi
  • Menjelaskan tentang prinsip budaya politik
  • Mendeskripsikan pengertian masyarakat madani
  • Mengidentifikasikan ciri- ciri masyarakat madani
  • Menjelaskan proses menuju masyarakat madani
  • Menguraikan kendala yang dihadapi bangsa Indonesia dalam mewujudkan masyarakat madani
  • Menjelaskan upaya mengatasi kendala yang dihadapi bangsa Indonesia dalam mewujudkan masyarakat madani
  • Menguraikan prinsip demokrasi Pancasila
  • Membandingkan demokrasi yang diterapkan di Indonesia pada masa orla,orba dan orde reformasi
  • Membandingkan pelaksanaan pemilu pada masa orla, orba maupun orde reformasi
  • Mengidentifikasikan pelaksanaan pemilu pada masa orba dan reformasi
  • Mendemostrasikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah di daerahnya
  • Mengidentifikasi perilaku budaya demokrasi
  • Menunjukkan perilaku budaya demokrasi dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat

Tujuan Pembelajaran :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
  1. Menjelaskan perbedaan antara demokrasi liberal, komunis dan demokrasi Pancasila
  2. Mendeskripsikan prinsip- prinsip demokrasi
  3. Menjelaskan makna budaya demokrasi
  4. Menjelaskan tentang prinsip budaya politik
  5. Mendeskripsikan pengertian masyarakat madani
  6. Mengidentifikasikan ciri- ciri masyarakat madani
  7. Menjelaskan proses menuju masyarakat madani
  8. Menguraikan kendala yang dihadapi bangsa Indonesia dalam mewujudkan masyarakat madani
  9. Menjelaskan upaya mengatasi kendala yang dihadapi bangsa Indonesia dalam mewujudkan masyarakat madani
  10. Menguraikan prinsip demokrasi Pancasila
  11. Membandingkan demokrasi yang diterapkan di Indonesia pada masa orla,orba dan orde reformasi
  12. Membandingkan pelaksanaan pemilu pada masa orla, orba maupun orde reformasi
  13. Mengidentifikasikan pelaksanaan pemilu pada masa orba dan reformasi
  14. Mendemostrasikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah di daerahnya
  15. Mengidentifikasi perilaku budaya demokrasi
  16. Menunjukkan perilaku budaya demokrasi dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat


Materi Ajar (Materi Pokok) :

Pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi

o Macam- macam demokrasi

o Prinsip- prinsip demokrasi

o Pengertian Budaya demokrasi

o Prinsip- prinsip budaya demokrasi

Masyarakat madani

o Pengertian masyarakat madani (civil society)

o Ciri-ciri masyarakat madani

o Proses menuju masyarakat madani

o kendala yang dihadapi dan upaya mengatasinya bangsa Indonesia dalam mewujudkan masyarakat madani

Demokrasi di Indonesia

o Prinsip- prinsip demokrasi Pancasila

o Pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformasi

o Pemilihan Umum (Pemilu)

- Pengertian Pemilu

- tujuan pemilu

- Prinsip-prinsip dalam pelaksanaan Pemilihan umum

- Perilaku yang mendukung terhadap tegaknya prinsip- prinsip demokrasi


Metode Pembelajaran : Kooperatif Teknik JIGSAW (Model Tim Ahli)


Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan Awal

· Tanya jawab tentang pelajaran minggu yang lalu (review)

· Menyampaikan pokok materi pembahasan hari ini

· Menginformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran.

Kegiatan Inti

1. Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif.

2. Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :

Pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi

o Macam- macam demokrasi

o Prinsip- prinsip demokrasi

o Pengertian Budaya demokrasi

o Prinsip- prinsip budaya demokrasi

Masyarakat madani

o Pengertian masyarakat madani (civil society)

o Ciri-ciri masyarakat madani

o Proses menuju masyarakat madani

o kendala yang dihadapi dan upaya mengatasinya bangsa Indonesia dalam mewujudkan masyarakat madani

Demokrasi di Indonesia

o Prinsip- prinsip demokrasi Pancasila

o Pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformasi

o Pemilihan Umum (Pemilu)

- Pengertian Pemilu

- tujuan pemilu

- Prinsip-prinsip dalam pelaksanaan Pemilihan umum

- Perilaku yang mendukung terhadap tegaknya prinsip- prinsip demokrasi


Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.

3. Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.


4. Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.


5. Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.


6. Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.


7. Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.


8. Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep.


Kegiatan Penutup

· Guru memberikan pelurusan agar tidak terjadi kesalahan konsep

· Guru bersama siswa mengambil kesimpulan akhir sebagai penguatan

· Guru melakukan postes secara lisan tentang materi yang dipelajari

· Guru bersama siswa melakukan refleksi

· Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyerahkan laporan secara tertulis dari hasil diskusi kelas pada pertemuan berikutnya

· Guru menutup pelajaran dengan salam



Alat Dan Sumber Belajar
a. Alat :

- Kertas berisi undian

- OHP


b. Sumber :

- Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI

- Buku Tata Negara untuk SMU

- Dasar-dasar Ilmu Politik

- Buku-buku lain yang relevan

- Artikel/ berita dari media massa


Penilaian

· Test tertulis berbentuk essay

· Penilaian terhadap proses dan hasil presentasi siswa baik dalam dalam kelompok masing-masing ataupun dalam diskusi kelas serta tanggung jawab individu terhadap kelompoknya.

Penilaian terhadap unjuk kerja berupa laporan tertulis.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar